SAI 2013

Latar Belakang

Islam itu merupakan satu-satunya dien (agama) yang diridloi oleh Alloh rabul ‘alamii. sejak diciptkannya Nabi Adam as. sampai Nabi akhiruz zaman Muhammad SAW, Islam merupakan semua agama dari para nabi. Islam sebagai penyempurna semua ajaran yang telah disampaikan oleh nabi-nabi terdahulu.

Ada dua hal yang umumnya dicari oleh manusia dalam hidup ini. Yang pertama ialah kebaikan (al-khair), dan yang kedua ialah kebahagiaan (as-sa’adah). Hanya saja masing-masing orang mempunyai pandangan yang berbeda ketika memahami hakikat keduanya. Perbedaan inilah yang mendasari munculnya bermacam ragam gaya hidup manusia.

Dalam pandangan Islam gaya hidup tersebut dapat dikelompokkan menjadi dua golongan, yaitu: 1) gaya hidup Islami, dan 2) gaya hidup jahili.

Gaya hidup Islami mempunyai landasan yang mutlak dan kuat, yaitu Tauhid. Inilah gaya hidup orang yang beriman. Adapun gaya hidup jahili, landasannya bersifat relatif dan rapuh, yaitu syirik. Inilah gaya hidup orang kafir.

Setiap Muslim sudah menjadi keharusan baginya untuk memilih gaya hidup Islami dalam menjalani hidup dan kehidupan-nya. Hal ini sejalan dengan firman Allah berikut ini:

Artinya: Katakanlah: “Inilah jalan (agama)ku, aku dan orang-orang yang mengikutiku mengajak (kamu) kepada Allah dengan hujjah yang nyata, Maha Suci Allah, dan aku tiada termasuk orang-orang yang musyrik”. (QS. Yusuf: 108).

Mahasiswa, sebagai generasi penerus, yang akan mengantikan para pemimpin sekarang. Penerus perjuangan, para calon pemegang panji Islam, sudah semestinya sadar dan paham akan hal ini. Menjadi mahasiswa muslim yang benar-benar bergaya hidup islami yang jauh dari hedonisme, apatis, dan kejahiliyahan lainnya.

Oleh karena itu dianggap perlu dan harus bagi kami sebagai sebuah lembaga dakwah di T. Sipil ITS untuk mengadakan peningkatan pemahaman akan islam yang sebenarnya.

——-

SAI Merupakan progam pelatihan tahunan yang diadakan oleh FUKI Al Hadiid sejak tahun 2008. Tujuan dari SAI ini adalah membentuk mahasiswa muslim T. Sipil ITS menjadi pribadi muslim yang berwawasan Islam dan berkarakter sebagaimana muslim semestinya.

Pada tahum 2013 ini SAI bertema “Islam is My Lifestyle”, diharapkan dengan tema tersebut Mahasiswa Muslim T. Sipil  2013 menjadi mahasiswa yang menjadikan Islam sebagai gaya hidupnya. Sebagaimana karakter seorang muslim seharusnya, bukan hanya dari tampilan luar saja, manun lebih dari pada itu, sebagai seorang muslim juga bertindak dan berperilaku sebagaimana muslim yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW.Logo Sai Teknik Sipil

editor : want

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s