Keistimewaan Ilmu dan Ulama’

Alloh berfirman dalam Q.S Ali Imron : 18, “Alloh menyatakan, bahwa ini tidak ada Tuhan selain Dia, Dia yang menegakkan keadilan, para malaikat dan orang-orang yang berilmu juga mengatakan yang demikian itu.

Dalam Q.S Al-Mujadilah : 11, “Alloh akan mengangkat derajat orang-orang yang beriman dan diberi ilmu, dengan beberapa derajat.

kru kapal Luffy juga ada belajar loh (mentoeing)

Demikian pula dalam hadits juga banyak disebutkan keutamaan orang yang memiliki ilmu. Mu’adz bin Jabal meriwayatkan, Rasululloh SAW bersabda, “Pelajarilah ilmu, karena mempelajarinya semata karena Alloh akan membuahkan rasa takut, menuntutnya adalah ibadah, menghafalnya adalah tasbih, membahasnya adalah jihad, mengajarkan kepada orang yang belum tahu adalah sedekah, membantu penuntutnya termasuk pendekatan diri kepada Alloh. Ilmu adalah rambu-rambu yang membedakan antara yang halal dan haram. Ilmu adalah obor menuju jalan surga, teman dalam kesepian, kawan dalam kesendirian. Ilmu akan berbicara dalam kesunyian, petunjuk jalan kebahagiaan, dan peringatan dari kesengsaraan. Ilmu merupakan senjata ampuh dalam menghadapi musuh dan penghias dikala bersama. Dengan ilmu Alloh mengangkat derajat suatu kaum. Mereka dijadikan pemimpin terbaik. Jejak mereka diikuti. mereka dijadikan Idola. Pendapat mereka dijadikan acuan. Para Malaikat menyukai mereka. Dengan sayapnya, para malaikat memanyungi mereka. Semua benda hidup dan mati memohon ampun bagi mereka. Begitu juga iakn Hiu yang ada di samudra, bahkan binatang buas darat pun mendoakan mereka. Ilmu merupakan ruh bagi hati agar terhindar dari kebobrokan, lampu penerang dari kegelapan. Dengan ilmu, seseorang akan sampai pada tempat terbaik dan derajat tertinggi di akhirat kelak. Berfikir tentang ilmu sama dengan berpuasa, mendalaminya sama denga ibadah malam. Dengan ilmu, tali silaturrahim dapat terjalin. Dengan ilmu, antara yang halal dan haram dapat dibedakan. Ilmu ibarat mesin bagi amal, dan amal tunduk terhadap perintahnya. Orang baik ia datangi dan orang jahat ia jauhi.” (HR. Abu Umar)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s